Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tensimeter, termometer, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Jenis Tensimeter Manakah yang Lebih Akurat?

Jenis Tensimeter Manakah yang Lebih Akurat?

Diposting pada 6 December 2018 oleh mastha medica

Pernahkah kalian mengukur tekanan darah di bagian bawah (pergelangan tangan) dan atas (lengan)? Apakah hasilnya sama? Mungkin hasilnya akan berbeda. Dan yang kita bingungkan hasil yang sebenarnya itu yang mana? Apakah di bagian bawah (pergelangan tangan) atau bagian atas (lengan tangan)?

Dan, diantara tensimeter raksa, digital, jarum atau aneroid, manakah yang lebih akurat?

Tekanan darah diukur dengan menggunakan tensimeter, baik dengan tensimeter raksa, tensimeter jarum atau aneroid, maupun tensimeter digital. Sekarang ini banyak produk tensimeter digital yang mudah dipergunakan oleh orang awam yang bukan tenaga kesehatan.
Pengukuran tekanan darah yang baik, dilakukan dengan mengukur tekanan darah pada arteri brachialis pada lengan atas diatas siku. Selain didaerah tersebut, tekanan darah juga dapat diukur pada kaki, dibagian paha. Tekanan darah diukur pada arteri poplitea.
Umumnya perbedaan tempat pengukuran juga menghasilkan tekanan darah yang berbeda. Pengukuran tekanan darah secara standar dan paling mudah dilakukan pada lengan atas, karena baik dalam posisi berbaring maupun duduk, lengan atas berada kurang lebih satu level atau setinggi jantung.
Pengukuran tekanan darah dengan tensimeter digital pada lengan bawah (pergelangan tangan) terkadang menghasilkan tekanan darah yang kurang akurat karena letak pergelangan tangan yang tidak sama tinggi dengan jantung.
Karena itu, akurasi tensimeter digital yang paling baik adalah tensimeter yang digunakan untuk mengukur tekanan darah pada lengan atas, sama seperti tensimeter raksa atau tensimeter jarum.

Berikut kategori tekanan darah:

  • Tekanan darah normal apabila berada dalam kisaran kurang dari 120/80
  • Prehipertensi apabila tekanan darah sekitar 120/80 sampai dengan 139/89
  • Hipertensi stage I apabila tekanan darah 140/90 sampai dengan 159/99
  • Hipertensi stage II apabila tekanan darah lebih dari 160/100

Pengukuran tekanan darah harus dilakukan saat kondisi tenang, istirahat, dan tidak sehabis melakukan aktivitas berat. Jika tekanan darah Anda 136/61 mmHg diukur pada bagian lengan atas, maka Anda mengalami sedikit tekanan darah yang meningkat (prehipertensi), namun belum dapat dikategorikan hipertensi. Untuk mencegah menjadi hipertensi, ada baiknya Anda menerapkan pola hidup sehat.

Semoga bermanfaat 🙂 Rk

Bagikan informasi tentang Jenis Tensimeter Manakah yang Lebih Akurat? kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Tensimeter Manakah yang Lebih Akurat? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Jenis Tensimeter Manakah yang Lebih Akurat?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 6%
Rp 600.000 Rp 635.000
Ready Stock
SIDEBAR
})