Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tensimeter, termometer, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Memonitor Tekanan Darah Di Rumah

Memonitor Tekanan Darah Di Rumah

Diposting pada 3 September 2018 oleh mastha medica

un

Memiliki tensimeter sendiri di rumah sangat penting agar Anda dapat rutin memantau tekanan darah dari waktu ke waktu. Mengukur tensi secara berkala di dalam kenyamanan rumah sendiri juga dapat menghasilkan angka tekanan darah yang lebih akurat, tanpa dipengaruhi oleh stres dan kecemasan ketika tensi Anda diukur dalam lingkungan medis

Memonitor tekanan darah di rumah juga bermanfaat untuk melihat hasil pengobatan hipertensi pasien, sekaligus mendeteksi masked hypertension alias tekanan darah tinggi yang terselubung karena gejalanya sulit ditemukan. Karena alasan inilah, organisasi medis di seluruh dunia menekankan pentingnya melakukan monitor tekanan darah di rumah.

Nah, jika Anda sedang mencari tensimeter untuk dipakai di rumah, ini adalah beberapa kriteria yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli:

1. Tentukan jenis dan modelnya

Ada banyak model tensimeter yang dijual di pasaran. Untuk mengetahui mana yang tepat bagi Anda, tidak ada salahnya untuk konsultasi dulu dengan dokter yang menangani Anda. Dokter dapat membantu memilihkan model tensimeter terbaik untuk Anda.

Tensimeter tipe wrist (digunakan di pergelangan tangan) atau tensimeter manual lebih diutamakan bagi Anda yang sering bepergian namun harus tetap rutin memonitor tekanan darah.

Bedanya, tensimeter digital memiliki model manset yang bisa dimasukkan ke lengan tanpa membungkusnya. Saat ini tensimeter digital jadi pilihan bagi banyak orang karena hasilnya lebih akurat dibanding tensimeter manual. Tensimeter digital juga lebih aman karena tidak menggunakan merkuri, dan penggunaannya lebih praktis karena Anda bisa mengukur tekanan darah sendiri dengan mudah tanpa perlu bantuan orang lain.

2. Cari ukuran manset yang tepat

Untuk menemukan ukuran manset yang tepat, ukur lingkar lengan Anda di antara bahu dan siku menggunakan pita pengukur. Manset yang tepat memiliki panjang 80% dan lebar setidaknya 40% dari lingkar lengan Anda. Jika Anda tidak yakin, tanyakan ke dokter, perawat, atau apoteker Anda mengenai ukuran yang Anda butuhkan.

Anak-anak dan orang dewasa dengan lengan yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran rata-rata mungkin membutuhkan manset berukuran khusus. Manset khusus ini tersedia di perusahaan pemasok alat-alat medis, bisa dipesan dari perusahaan yang menjual manset tekanan darah, dan di beberapa apotek tertentu.

3. Pilih alat dengan harga yang masuk akal

Beberapa model yang lebih mahal mungkin menyertakan fitur yang bahkan tidak Anda perlukan. Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk memilih monitor tekanan darah yang lebih murah asalkan dilengkapi dengan fitur yang sesuai keperluan Anda. Atau, lebih baik untuk mengeluarkan biaya tambahan pada alat yang akan Anda gunakan secara rutin.

4. Pastikan tensimeter tersebut cocok untuk Anda

Pilih perangkat yang dibuat agar sesuai dengan kondisi Anda. Banyak perangkat telah menyesuaikan penyesuaian dengan hati-hati dalam spesifikasi dan mode operasinya untuk memberikan informasi yang paling berguna untuk jenis tubuh dan fisik Anda. Ini penting karena tekanan darah tidak dapat terbaca secara akurat jika monitor yang Anda pakai tidak tepat untuk Anda.

Jika Anda membeli monitor tekanan darah untuk orang tua, wanita hamil, atau anak-anak pastikan itu sesuai untuk semua kondisi yang disebutkan.

Pilih monitor yang memenuhi standar untuk usia dan kondisi kesehatan Anda sesuai dengan organisasi terakreditasi.

5. Pilih yang mudah digunakan

Beli alat ukur tensi yang mudah digunakan sendiri di rumah untuk memudahkan Anda memonitor tekanan darah di rumah secara rutin. Semakin rumit cara pakainya, akan semakin jarang Anda menggunakannya untuk cek tensi.

Pastikan layar monitor mudah dibaca dan dimengerti, dan tombolnya besar serta mudah dipahami. Petunjuk untuk menerapkan manset dan mengoperasikan monitor harus jelas.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah alat tersebut mudah dibawa ke mana-mana, terutama jika Anda sering bepergian atau disarankan untuk mengukur tekanan darah beberapa kali sehari. Carilah yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

6. Cek akurasi dan standarisasi alat

Setiap alat pengukur tekanan harus melalui serangkaian protokol terstandar untuk memastikan keakuratannya. Maka, pastikan perangkat yang Anda pilih telah diuji, divalidasi, dan disetujui keakuratannya oleh badan-badan terakreditasi seperti European Society of Hypertension, dabl Educational Trust, atau the Association for the Advancement of Medical Instrumentation (AAMI).

Produsen tensimeter yang baik akan menyatakan apakah produk mereka mematuhi standar yang terakreditasi dalam label produk. Namun, jika tidak, pastikan untuk memeriksa sendiri di situs web organisasi terkait. Setiap organisasi di atas memiliki daftar perangkat yang telah disetujui di masing-masing situs webnya.

Anda juga harus memastikan sendiri keakuratan perangkat dengan memeriksa kalibrasi monitor dan memeriksa baterai secara berkala.

7. Cek dan baca kartu garansi

Kebanyakan monitor dan manset tekanan darah memiliki garansi yang berkisar dari 1 hingga 5 tahun untuk menjamin kelayakan fungsi alat. Baca kartu garansi untuk mengetahui apakah itu mencakup seluruh alat atau hanya tampilan digitalnya saja, atau monitor saja tapi tidak termasuk manset.

Jadi, jangan ragu lagi untuk membeli alat tensimeter guna memantau tekanan darah Anda. Jika Anda masih bingung, Anda bisa mengetahui informasi mengenai tensimeter, tipe tensimeter, harga tensimeter dengan membuka web kami di https://alattensidarah.net/

Bagikan informasi tentang Memonitor Tekanan Darah Di Rumah kepada teman atau kerabat Anda.

Memonitor Tekanan Darah Di Rumah | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Memonitor Tekanan Darah Di Rumah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 4%
STOK HABIS
Rp 850.000 Rp 890.000
Habis
SIDEBAR
})