Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tensimeter, termometer, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal Bagi Penderita Hipertensi

Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal Bagi Penderita Hipertensi

Diposting pada 16 January 2019 oleh mastha medica

Kapan Anda terakhir kali mengecek tekanan darah Anda? Banyak orang yang tak sadar mengalami tekanan darah tinggi. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat kebiasaan hidup yang buruk sehingga tekanan darah normal tidak terjaga. Anda dikatakan memiliki tekanan darah normal jika hasilnya menunjukkan angka kurang atau sama dengan 120/60 mmHg. Lebih dari itu, Anda berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berikut adalah cara sederhana untuk mengontrol tekanan darah

1. Makan makanan yang lebih sehat

Orang dengan hipertensi harus ekstra hati-hati soal garam dan makanan asin. Pasalnya, garam dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh yang berimbas pada peningakatan tekanan darah. Akibatnya, terjadilah tekanan darah tinggi. Itu sebabnya, orang yang memiliki hipertensi sangat disarankan untuk membatasi asupan garam.

Sebagai gantinya, perbanyaklah makan buah dan sayur yang kaya serat, vitamin, kalium, antioksidan, dan magnesium. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan serat tinggi terbukti mampu menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik bagi pengidap hipertensi.

2. Berolahraga secara teratur

Aktif bergerak adalah kunci hidup sehat. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengontrol tekanan darah. Olahraga teratur merupakan cara efektif untuk mengurangi risiko hipertensi dan membantu mengontrol tekanan darah tinggi pada orang yang memang memiliki riwayat penyakit tersebut.

3. Menjaga berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, menjaga berat badan yang sehat adalah cara sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol tekanan darah. Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur.

4. Mengelola stres

Orang dengan hipertensi sering kali menyepelekan cara satu ini karena dianggap tak penting. Padahal, stres adalah cikal bakal Anda melakukan berbagai kebiasaan tidak sehat yang pada akhirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Ya, stres kerap membuat Anda kalap ketika makan, minum alkohol, merokok, atau begadang. Semua hal tersebutlah yang ikut berkontribusi terhadap kenaikan tekanan darah Anda.

5. Minum obat hipertensi sesuai resep dokter

Orang dengan hipertensi harus rutin minum obat sesuai dengan resep dokter. Bila obat hipertensi tidak diminum sesuai dengan ketentuan, tekanan darah Anda jadi tak terkendali. Akibatnya, Anda memiliki tekanan darah yang tinggi terus-terusan. Maka itu, orang dengan tekanan darah tinggi harus minum obat hipertensi agar tekanan darahnya tidak melonjak drastis.

Jangan pernah berhenti atau mengganti obat tekanan darah tinggi tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Meskipun Anda sudah merasa lebih baik ataupun sehat.

6. Rutin cek tekanan darah

Selain berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, cek tekanan darah secara teratur juga merupakan kunci untuk mengontrol hipertensi. Dengan memantau tekanan darah Anda secara rutin, maka Anda bisa segera melakukan tindak pencegahan ketika tekanan darah terus-menerus lebih tinggi dari biasanya.

Orang yang mengalami hipertensi umumnya memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg setiap kali dilakukan pemeriksaan. Saat itu terjadi, maka jantung Anda telah bekerja sangat keras untuk memompa darah dan berisiko mengalami gangguan tertentu.

Terapkan gaya hidup sehat agar tekanan darah tetap normal

Supaya memiliki tekanan darah normal, sebaiknya mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat. Dimulai dari pemilihan makanan yang sehat, seperti menghindari makanan berlemak dan berkalori tinggi. Alih-alih mengonsumsi makanan tersebut, Anda bisa memilih makanan yang kaya vitamin, mineral, serat, seperti sayur dan buah.

Buat jadwal olahraga rutin, supaya lemak yang menumpuk di dalam tubuh bisa dibakar dan tidak menghambat aliran darah. Tak perlu ke gym atau pusat olahraga, Anda bisa melakukan olahraga yang mudah seperti jogging di area rumah Anda setiap hari.

Usahakan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari untuk menghindari tekanan darah melonjak tinggi.

 

Semoga Bermanfaat 🙂

El

 

Link Produk Terkait :

Jual Tensimeter Tensi ABN Premium

Jual Alat Tensi Darah Digital Omron JPN 600 Elektrik

Jual Tensimeter Jarum Pegas Analog Anzon

Bagikan informasi tentang Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal Bagi Penderita Hipertensi kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal Bagi Penderita Hipertensi | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Tips Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal Bagi Penderita Hipertensi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})