Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tensimeter, termometer, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Diposting pada 11 December 2019 oleh mastha medica

Dalam batas tertentu, makin rendahangka tekanan darah Anda mungkin makin baik. Pasalnya, tidak ada batas pasti dan spesifik mengenai tekanan darah yang termasuk rendah.

Penyebab darah rendah atau hipotensi juga bisa bermacam-macam. Bila tidak ada gejala yang terasa mengganggu, kondisi ini biasanya tidak dianggap bahaya. Namun bila tekanan darah rendah berlangsung lama atau kronis, penyebabnya perlu diketahui dan ditangani.

Mungkin ini penyebab darah rendah Anda

Terdapat beragam peyebab darah rendah yang bisa terjadi. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Penyakit jantung

Gangguan denyut jantung yang terlalu lambat atau bradikardia, kerusakan katup jantung, serangan jantung, dan gagal jantung bisa menjadi penyebab darah rendah. Pasalnya, jantung sudah tidak mampu memompa darah hingga mencapai tekanan darah normal.

  • Hipotensi postural atau ortostatis

Perubahan posisi bisa menyebabkan tekanan darah menurun. Misalnya, Anda mendadak berdiri dari posisi duduk atau posisi berbaring. Tapi tekanan darah biasanya akan segera kembali ke angka normal.

Sementara kondisi limbung atau kehilangan keseimbangan karena tekanan darah rendah saat berdiri mendadak termasuk hal yang umum dialami orang lanjut usia.

  • Tekanan darah rendah sesudah makan

Kadangkala, tekanan darah bisa turun sesudah bersantap. Akibatnya, penderita merasa pusing, mata berkunang-kunang, dan bisa pingsan.

Kejadian ini lebih banyak dialami orang lanjut usia yang mengidap penyakit tertentu. Misalnya, tekanan darah tinggi, diabetes, atau penyakit parkinson.

Sesudah kita makan, sistem pencernaan akan butuh suplai darah lebih banyak untuk mencerna makanan. Jantung akan berdenyut lebih cepat dan pembuluh darah di bagian tubuh yang lain akan menyempit, untuk membantu agar menjaga tekanan darah tetap normal.

Seiring usia yang makin tua dan dengan adanya kondisi medis tertentu, proses tersebut mungkin tidak berjalan lancar. Inilah yang bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah.

Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat, makan dalam porsi kecil dan lebih sering, serta berbaring setelah makan.

  • Mengejan

Mengejan saat buang air besar, buang air kecil, atau batuk-batuk parah bisa merangsang saraf vagus untuk meningkatkan kadar asetilkolin dalam tubuh.

Peningkatan asetilkolin dapat menyebabkan melebarnya pembuluh darah, sehingga berdampak pada tekanan darah rendah, pusing, dan kepala terasa ringan. Kondisi ini akan mereda dengan sendirinya dalam waktu singkat.

  • Penggunaan obat-obatan

Jenis obat-obatan yang punya efek samping sebagai penyebab darah rendah meliputi alpha blockerbeta blocker, diuretik, antidepresan, sildenfil, dan obat-obatan untuk penyakit Parkinson.

  • Masalah hormonal

Kelenjar tiroid memproduksi dan menyimpan hormon-hormon yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Sementara kelenjar adrenal mengendalikan respons tubuh terhadap tekanan atau stres.

Jika ada gangguan pada kelenjar-kelenjar tesebut, bisa terjadi ketidakseimbangan hormonal yang menjadi penyebab darah rendah.

  • Hipotensi akibat gangguan saraf

Adanya gangguan saraf menyebabkan kesalahan pengiriman sinyal antara jantung dan otak. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada usia muda.

Saat kita berdiri, darah akan mengumpul di kaki dan jantung perlu melakukan penyesuaian untuk mempertahankan tekanan darah normal.

Pada mereka yang mengalami gangguan saraf, sinyal yang dikirim menjadi salah. Akibatnya, jantung malah berdenyut makin lambat dan menyebabkan tekanan darah makin turun.

  • Kehamilan

Tekanan darah rendah yang terjadi pada masa kehamilan disebabkan oleh melebarnya sistem sirkulasi darah. Tekanan sistolik bisa turun hingga 5-10 poin dan tekanan diastolik bisa turun sampai 10-15 poin. Meski begitu, angka ini masih tergolong normal dan jarang menimbulkan masalah.

  • Kekurangan gizi

Melakukan diet sangat ketat atau menderita anoreksia nervosa bisa jadi penyebab darah rendah. Kondisi ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan berupa irama detak jantung yang abnormal.

Sedangkan gangguan pola makan bulimia nervosa akan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit tubuh, sehingga detak jantung jadi tidak teratur dan tekanan darah menurun.

Mengatasi penyebab darah rendah dengan tepat akan mengantar Anda untuk memulihkan kondisi hipotensi. Untuk itu, Anda butuh bantuan dokter dalam mendiagnosis kondisi Anda.

Kapan Anda dianggap mengalami tekanan darah rendah?

Untuk menentukan apakah Anda memang mengalami hipotensi atau tidak, pengukuran tekanan darah harus dilakukan oleh dokter. Ada beberapa situasi yang bisa dianggap sebagai kondisi darah rendah. Berikut contohnya:

Hipotensi dengan gejala

Anda mengalami gejala lemas dan lesu, lalu tekanan darah Anda berada di bawah 90/60 mmHg ketika diperiksa.

Hipotensi tanpa gejala

Hipotensi juga bisa terjadi tanpa gejala. Dalam hal ini, pemeriksaan tekanan darah sebaiknya dilakukan di pagi dan malam dalam sehari. Langkah ini harus dijalani selama beberapa hari di jam yang sama.

Tahap pertama dianjurkan pada pagi hari sebelum Anda sarapan atau minum obat apapun. Sementara pemeriksaan kedua sebaiknya pada malam hari. Masing-masing pemeriksaan ini butuh beberapa kali pengecekan tekanan darah agar hasilnya lebih akurat.

Bila selalu berada di bawah 90/60 mmHg dalam tiap pemeriksaan, barulah Anda dianggap mengidap tekanan darah rendah atau hipotensi.

Waspadai gejala tekanan darah rendah ini

Darah rendah yang hanya terdeteksi pada satu kali pemeriksaan tekanan darah, umumnya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun lain cerita jika Anda mengalami keluhan-keluhan lain yang berkaitan dengan tekanan darah rendah tersebut.

Supaya dokter bisa lebih tepat menentukan diagnosis, coba catat keluhan yang Anda rasakan beserta aktivitas apa saja yang sedang Anda lakukan saat keluhan ini muncul.

Secara umum, tekanan darah rendah kronis akan dianggap sebagai masalah kesehatan bila disertai dengan salah satu atau lebih dari gejala-gejala berikut:

  • Mual-mual.
  • Pusing atau kepala terasa ringan.
  • Dehidrasi dan rasa haus berlebihan.
  • Sulit konsentrasi.
  • Keringat dingin.
  • Kulit yang pucat.
  • Napas cepat dan dangkal.
  • Kelelahan.
  • Pandangan kabur.
  • Pingsan.
  • Depresi.

Saat muncul gejala-gejala tersebut, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk menemukan penyebab darah rendah sekaligus cara mengatasinya dengan tepat.

 

Semoga bermanfaat !!

Bagikan informasi tentang Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat kepada teman atau kerabat Anda.

Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Waspadai Gejala dan Kenali Penyebab Darah Rendah dengan Cermat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 3%
Rp 975.000 Rp 1.000.000
Ready Stock
SIDEBAR
})