Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka Senin-Jum'at 07.00 s/d 20.00, Sabtu-Minggu 07.00 s/d 19.00
Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : tensimeter, termometer, kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Diposting pada 28 November 2018 oleh mastha medica

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dianggap sebagai silent killerkarena tidak menunjukkan gejala apa pun. Jadi, sangat penting untuk memeriksa tekanan darah Anda secara teratur dan mulai melakukan tindakan untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Ini akan membantu mengurangi ketergantungan Anda pada obat-obatan.

Salah satu hal yang paling berbahaya dari darah tinggi atau hipertensi adalah Anda tidak mengetahui bahwa Anda memiliki darah tinggi. Bahkan, sepertiga dari orang-orang yang memiliki darah tinggi tidak mengetahui hal itu.

Tekanan darah pada seseorang ditandai dengan dua hal, yakni tekanan darah sistolik dan diastolik. Untuk tekanan darah dalam kategori normal, biasanya sistoliknya kurang dari 120 dan diastoliknya kurang dari 80. Sedangkan jika sistolik sekitar 120-139 atau diastoliknya 80-89, hal itu sudah dapat dikatakan prehipertensi, atau tekanan darah yang menuju ke hipertensi. Sedangkan untuk tekanan darah tinggi atau hipertensi ditandai dengan angka sistolik sekitar lebih dari 140 dan diastoliknya lebih dari 90.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda diwajibkan mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Selain obat, beberapa cara yang umumnya akan dianjurkan untuk membantu menurunkan tekanan darah adalah mengurangi asupan garam, berolahraga, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Anda juga disarankan untuk makan makanan sehat, seperti buah-buahan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut adalah daftar buah untuk tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Semangka. Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan C, kalium, magnesium, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen ekstrak semangka dapat membantu orang dewasa yang mengalami obesitas untuk membantu mengontrol tekanan darah mereka. Ini salah satu buah yang sering dianjurkan untuk mereka yang mengalami tekanan darah tinggi.
  • Beri. Makan sekitar 100 gram buah stroberi/blueberry setiap minggu, dapat mengurangi risiko terkena terkena tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama penyakit stroke dan jantung. Kandungan antosianin (antioksidan) yang memberikan warna cerah pada stroberi dan blueberry ini ternyata juga dapat menekan risiko terkenanya tekanan darah tinggi.
  • Anggur. Semua jenis anggur mengandung polifenol. Polifenol juga dikenal sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kulit dan daging buah anggur mengandung banyak polifenol, dan memiliki antioksidan yang tinggi. Anggur sangat baik untuk Anda, karena juga mengandung serat dan rendah kalori. Buah ini dapat membantu mencegah sindrom metabolik (kondisi yang bisa meningkatkan tekanan darah).
  • Kiwi. Buah berwarna hijau dan berukuran kecil ini memiliki rasa yang manis dan tajam. Kiwi juga kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan juga kalium. Buah ini juga kaya akan kandungan serat dan antioksidan, yang tentunya sangat baik untuk tubuh Anda. Kiwi juga dapat membantu Anda untuk mengendalikan tekanan darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat bioaktif dalam tiga buah kiwi sehari, dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selain itu, buah ini juga bisa meningkatkan daya imun Anda, dapat mengobati penyakit asma, serta membantu sistem pencernaan. Buah ini bisa dimakan secara utuh, dijadikan smoothie, ataupun salad
  • Pisang. Kalium ternyata bisa menyeimbangkan jumlah natrium atau garam di dalam sel Anda. Semakin banyak kalium dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah pisang yang kaya akan kandungan kaliumnya. Buah pisang bisa Anda makan secara utuh, ditambahkan dengan sereal atau salad favorit, atau memanggangnya.
  • Sayuran hijau berdaun. Setiap makanan yang membantu mengurangi sodium dalam tubuh dapat mengurangi tekanan darah. Semua makanan yang kaya kalium juga membantu menurunkan hipertensi. Rasio kalium ke natrium yang tinggi membantu menyingkirkan natrium dari tubuh melalui urine sehingga menurunkan tekanan darah.
  • Kacang putih. Kacang putih penuh nutrisi termasuk kalium, magnesium dan kalsium. Kacang putih juga merupakan sumber protein nabati yang bagus. Masaklah kacang putih dengan tidak menambahkan garam atau lemak. Siapkan sepiring kacang putih rebus dengan sayuran berdaun dan kentang panggang untuk membuatnya lebih enak dan sehat.
  • Buah berry. Semua makanan yang kaya flavonoid baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Semua jenis buah berry kaya flavonoid. Anda bisa mendapatkan blueberry, raspberry dan stroberi dengan mudah di manapun. Jadi, konsumsilah secara rutin.

Metabolisme yang lebih baik berarti menurunkan tekanan darah. Kacang mete dan kacang almond kaya akan magnesium. Konsumsi kacang-kacangan ini sebagai bagian makanan penurun tekanan darah tinggi.

Jika menambahkan makanan ini ke dalam diet harian dan berolahraga secara teratur, tidur tepat waktu, makan tepat waktu, maka tekanan darah tinggi Anda akan berkurang.

Jadi, selalu perhatikan tekanan darah untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan harapan. Konsumsi makanan penurun darah tinggi dan buah penurun darah tinggi. Juga selalu konsultasikan dengan dokter ya 🙂

Semoga Bermanfaat 🙂

El

Produk Terkait :

Jual Tensimeter Jarum Pegas Analog Anzon

Jual Tensimeter Tensi ABN Premium

Tensimeter aneroid ABN Spectrum Hitam ANAK Jarum Pegas

Bagikan informasi tentang Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Makanan Sehat Penurun Tekanan Darah Tinggi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 7%
STOK HABIS
SIDEBAR
})